Antonim Haus


Bingung Mencari Lawan Kata Haus?
– Haus adalah salah satu kata yang sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari yang berarti terasa kering kerongkongan dan ingin minum. Namun, apakah kamu sudah tahu lawan kata haus?
Lawan kata atau antonim sendiri merupakan dua kata yang maknanya saling berlawanan. Contohnya seperti kata besar yang lawan katanya adalah kecil dan kata panjang yang lawan katanya pendek.

Di antara banyak kata yang kita ketahui dalam bahasa Indonesia, salah satunya adalah haus. Haus merupakan kondisi di mana kita sangat ingin minum air karena kondisi kerongkongan yang sangat kering atau tubuh yang mengalami kekurangan cairan.

Lalu, apa lawan kata dari haus dalam bahasa Indonesia? Nah, di dalam artikel ini, kamu bisa menemukan kata yang bisa digunakan sebagai lawan kata haus, simak artikelnya baik-baik, ya!

Definisi dan Makna Kata Haus
Sebelum melangkah lebih jauh mengenai lawan kata dari haus, sebaiknya kamu memahami pengertian atau definisi dari kata haus itu sendiri. Pengertian haus bisa kita temukan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Terkadang kepastian bukan segalanya

Menurut KBBI, haus adalah berasa kering kerongkongan dan sangat ingin minum. Selain itu, kata dasar haus juga bisa berkembang menjadi berbagai kata yang diberikan imbuhan, seperti menghauskan dan kehausan.

Dalam KBBI, menghauskan berarti menyebabkan haus. Sementara itu, kehausan berarti menderita dahaga sehingga seseorang sangat ingin untuk minum.

Selain arti secara harfiah, kata haus juga sering digunakan sebagai kata kiasan. Haus dalam kata kiasan berarti sangat ingin terhadap sesuatu.

Misalnya kalimat “Ia haus akan kedudukan” merupakan contoh dari penggunaan kata haus secara kiasan. Kalimat tersebut berarti seseorang yang sangat menginginkan suatu kedudukan tertentu.

Apa Lawan Kata Haus yang Tepat?
Lawan kata atau antonim merupakan hubungan semantik antara dua buah kata yang maknanya menyatakan kebalikan, pertentangan, atau kontras antara satu kata dengan kata lainnya. Secara sederhana, lawan kata adalah suatu kata yang berlawanan makna dengan kata lainnya.

Pada dasarnya, mencari lawan kata dari suatu kata sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu mengetahui arti dari suatu kata dan menghubungkannya dengan kata lain yang artinya berlawanan. Namun, ada beberapa kata yang cukup sulit untuk ditemukan lawan katanya, salah satunya adalah kata haus.

Maka dari itu, untuk menemukan lawan kata dari haus, tentu kita harus mengetahui arti kata sebenarnya dari kata tersebut. Hal ini berfungsi agar kita bisa mengidentifikasi berbagai kata yang berlawanan makna dari kata haus.

Haus merupakan kondisi ketika seseorang kekurangan cairan dalam tubuhnya dan sangat ingin minum. Ketika seseorang minum dalam kondisi haus, seketika rasa haus tersebut akan hilang dan sudah merasa tidak haus.

Menurut pemerhati bahasa Indonesia, Ivan Lanin, dalam akun Twitter miliknya menjelaskan bahwa kata haus tidak memiliki lawan kata yang mutlak seperti kecil dan besar. Oleh karena itu, terdapat beberapa kata yang bisa menggambarkan kondisi tidak haus.

Dalam hal ini, ada beberapa lawan kata yang paling tepat untuk haus. Berikut adalah beberapa lawan kata haus:

Terhidrasi
Lega
Segar
Puas
Basah
Kata yang paling mendekati dalam lawan kata haus adalah terhidrasi. Dalam hal ini, terhidrasi memiliki arti kondisi di mana tubuh seseorang sudah cukup minum (tidak kekurangan cairan, dehidrasi, atau haus).

Kemudian, perasaan lega, segar, puas, dan basah adalah hal yang akan kita rasakan setelah minum dan menghilangkan rasa haus. Sesaat setelah kita meneguk segelas air, kita akan merasakan keempat hal tersebut.

Dengan demikian, kita juga bisa menggunakan salah satu dari empat kata tersebut untuk lawan kata dari haus. Lega, segar, puas, dan basah bisa menggambarkan suatu kondisi di mana kita sedang tidak haus.

Dilansir dari laman Merriam Webster, arti kata haus dalam bahasa Inggris adalah thirsty. Dalam hal ini, lawan kata dari thirsty adalah watered atau wet.

Watered berarti kondisi saat tubuh terhidrasi dan sudah cukup asupan air, sedangkan wet berarti bawah. Dengan demikian, kita bisa menggunakan kata terhidrasi atau basah untuk mengungkapkan lawan kata haus.

Lawan Kata yang Tidak Banyak Diketahui
Selain kata haus, ada berbagi kata lain yang tidak banyak diketahui lawan katanya oleh sebagian besar orang. Berikut ini adalah beberapa lawan kata yang tidak banyak diketahui oleh orang.

1. Acuh >< Tidak Peduli
Dalam hal ini, banyak orang yang masih cukup sering keliru tentang arti kata dari acuh. Menurut KBBI, acuh artinya peduli dan lawan katanya adalah tidak peduli.

2. Absen >< Hadir
Masih cukup banyak orang yang masih keliru untuk mengartikan kata absen. Dalam hal ni, absen artinya tidak hadir di dalam suatu acara atau kejadian.

Nah, itulah pembahasan mengenai lawan kata haus. Kita bisa menggunakan kata terhidrasi, lega, puas, segar, atau basah untuk menggambarkan suatu kata yang berlawanan dengan haus.

Disadur dari https://www.detik.com/bali/berita/d-6593340/bingung-mencari-lawan-kata-haus-gunakan-kata-kata-berikut

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑